Senin, 19 Agustus 2013

Lampion




perawatan utamanya adalah menjaga kelembaban media tanaman dan menghindarkan dari sengatan sinar matahari langsung.

“Ia harus diletakkan di tempat teduh dan jangan terkena air hujan,” 


Sebab, sinar matahari mempunyai suhu panas, sedangkan habitat tanaman ini membutuhkan kelembaban besar. Jadi bila dipaksakan, maka akan terjadi kerusakan, terutama di permukaan daun yang mempunyai bulu halus.
Untuk menghasilkan bunga lampion yang terus berbunga dan bisa bertahan lama, media dan perawatan memegang peranan vital. Untuk menghasilkan bunga yang baik, maka nutrisi harus lengkap, terutama untuk unsur makro NPK. Bila ingin mendapatkan bunga yang maksimal, tentu phospor (P) jadi pupuk yang mendapatkan porsi paling besar.
Zat tersebut akan memberikan rangsangan dan pertumbuhan lebih untuk proses generatif, yaitu pembentukan bunga. Untuk bentuk pupuk yang digunakan bisa beragam, tapi yang harus diperhitungkan adalah takaran pakai. Sebab, sangat tak benar memberikan pupuk secara berlebih untuk mempercepat pertumbuhan. Hasilnya tanaman bisa mati, karena over dosis
Altreatif pupuk organik tentu memberikan campuran media dengan menggunakan humus. Di sini, untuk bunga lampion akar pakis bisa dikombinasikan dengan humus bambu dengan perbandingan pakis 3 bagian dan humus 2 bagian. Jenisnya beragam, tapi humus bambu dinilai paling baik, karena mengandung phospor paling besar dibandingkan tanaman lainnnya.
Perawatannya mudah, karena tanaman ini bisa menyesuikan diri, baik di tempat bersuhu dingin maupun bersuhu hangat. Namun yang harus diperhatikan ada penyiraman, karena dengan posisi yang ada di atas, maka kontrol media tanam jauh lebih sulit, sehingga penting untuk memberikan jadwal rutin untuk penyiraman antara 1-2 kali dalam satu harinya. [wo2k]

Serap Debu
Penempatan bunga lampion di depan rumah selain memperindah dekorasi, juga bisa untuk menyerap dan menahan debu saat masuk dalam ruangan. Fungsi ini dimiliki dari struktur daun yang berbulu (trikoma). Bulu yang muncul tersebut mempunyai sifat yang lengket, sehingga akan menjebak debu yang melewatinya.
Bagi Anda yang mempunyai lokasi rumah di daerah berdebu seperti kawasan industri, tepi jalan atau di lokasi proyek, tanaman ini disarankan untuk dimiliki. Selain bunga lampion, ada beberapa tanaman lain yang punya kemampuan sama, yaitu trengguli, johar, dan flamboyan.

1 komentar: