Selasa, 20 Agustus 2013

vinca




VINCA HIBRIDA

  Tapak dara pendatang baru ini penampilannya oke. Lebih rounded, over-lapping, dan warnanya bervariasi 

Vinca (Catharanthus roseus) dikenal sebagai madagascar periwinkle. Tumbuhan asli Madagaskar ini memiliki banyak nama spesies. Ada yang menyebut Vinca rosea, Lochraera rosea, atau Ammocallis rosea.

Sementara nama lokalnya tapak dara. Barangkali karena bunganya mirip tapak kaki burung merpati alias burung dara.

Menggantung atau tegak
Vinca terkenal sebagai tanaman semusim. Kendati ada juga yang tahunan. Hanya saja jenis ini jarang dikembangkan diIndonesia. Vinca tahunan banyak dikembangkan diIsrael dengan stek.

“Tapak dara yang tumbuh liar juga termasuk vinca,” Tapak dara ‘tradisional’ bunganya pink dan putih. Sosoknya tinggi dengan bunga berbentuk bintang. Sekali berbunga, tak pernah berhenti berbunga. Semarak dan banyak.

Vinca tahunan dibagi dua, yaitu vinca mayor (bunga besar) dan vinca minor (bunga kecil). Sedangkan vinca semusim, ada yang tegak dan trilling (menggantung) atau terkenal disebut cascade. Yang tegak cocok diletakkan dalam pot atau sebagai tanaman hamparan. Sementara yang cascade bagus untuk pot gantung.

Berbeda dengan vinca “tradisional” bersosok tinggi, vinca hibrid justru kecil-kecil sudah berbunga. Kok bisa? Memang dari sononya sudah begitu. Ada banyak varietas dihasilkan oleh breeder maupun pengusaha benih internasional. Sehingga banyak juga vinca hibrid yang memiliki keunggulan warna, postur tubuh, dan tahan terhadap hama dan penyakit.
  
Kaya warna
Ada 66 varietas. Varietas yang dilepas belakangan menunjukkan perbaikan sifat yang nyata. Sebut saja varietas cooler, pasifica dan stardust. Yang terbaru ada 16 varietas dan tengah dikembangkan, terdiri dari varietas first kiss (12 wama) dan 4 warna dari varietas terrace, balcony. porch, dan vermilion.

Perbedaan masing-masing varietas terletak pada warna. Menurut Lingga, modifikasi warna yang mencolok nampak pada bagian tengah bunga. Varietas lama hanya menampilkan dua warna. Warna di lingkaran tengah berbeda dengan mahkotanya. Tetapi kini, bagian tengah punya warna sendiri, dan warna itu dikelilingi warna lain yang berbeda dengan mahkota.

Jadi, dalam satu bunga terdapat lebih dari 3 warna. Contohnya pada varietas first kiss cherry. Warna tengahnya kuning, dikelilingi pink, sementara mahkotanya merah muda. Bentuknya lebih bulat (rounded) dan overlapping (mahkotanya saling menutupi satu dengan yang lain). Kekayaan warna juga dimiliki varietas first kiss yang lain, yaitu sunrise, pink, blush, blueberry, ruby, coral, rose, apricot, peach, dan polkadot.

Sedangkan untuk cascade, variasi tricolour masih bisa dijumpai. Hanya mahkotanya tidak overlapping. Cenderung berpisah, tidak bertumpuk menyerupai bentuk bintang. Yang menarik justru bentuk batangnya.

Varietas baru juga punya kelebihan kualitatif. “Tahan terhadap penyakit dan tumbuh bagus di daerah panas,” kata alumni New South Wales University ini. Bunganya lebih awet lantaran mahkotanya lebih tebal. Bisa bertahan 10 hari, sementara bunga vinca “kuno” hanya bertahan 4-5 hari.

Gampang dirawat
Kalau Anda membeli benih vinca dalam sachet, ya mesti disemai dulu.menggunakan media semai cocopit. Juga bisa memakai campuran pasir, tanah, dan pupuk kandang. Benih yang disemai, jangan lupa disiram. Tiga hari kemudian akan muncul akar.

Pengin cabangnya banyak, pendek, kompak, dan bunganya banyak? Berikan pupuk seminggu setelah disemai. Dosisnya, 0,5 g per liter. Umur 2 minggu atau sesudah muncul daun kedua, batang segera dipangkas (pinching). Agar batang menjadi pendek dan bercabang banyak.

Sebulan kemudian, bibit siap dipindah tanam (transplanting) ke tempat penanaman. Medianya bisa berupa kompos, sekam bakar, dan tanah (1:2:1). Kalau untuk keperluan dagang, campuran pupuk kandang dan cocopit akan lebih bagus lantaran lebih ringan. Pupuk diaduk kemudian dimasukkan dalam pot dan siap ditanami.

Setelah transplanting, lakukan pemupukan. Pupuknya NPK 32-10-10 atau nitrogen tinggi agar banyak daunnya. Dosisnya, 1 sendok teh per pot (diameter pot 15 cm). Umur 6 minggu, knop bunga mulai bermunculan.. “Tetapi agar cabangnya banyak, bunga sebaiknya dibuang,” saran Lingga.

Tiga bulan setelah transplanting, batang sudah tumbuh optimum dan rimbun. Inilah saatnya untuk dibungakan. Pupuknya diganti dengan P tinggi ditambah Ca.Bisa NPK 10-55-10 plus Ca. Setelah disemprot pupuk, tak berapa lama bunga bakal muncul di setiap pucuknya. Hebatnya, bunga bakal terus muncul tanpa mengenal musim. Vinca pot bisa bertahan bagus hingga setahun. Tetapi jika ditanam di tanah, bakal terus tumbuh bagus


INFO
Penyakit Vinca
Vinca varietas baru ini relatif tahan terhadap penyakit. Hanya jika kondisi sangat lembap, bisa busuk batang dan busuk daun karena ulah Botrytis sp. dan Phythoptora sp. Gejalanya, pucuk daun atau batang membusuk kemudian menyebar ke seluruh bagian tanaman. Jika muncul gejala itu, lekas buang bagian itu kemudian semprot dengan fungisida.

Sementara hamanya trips penyebab daun keriting. Inipun relatif jarang menyerang.

TIPS
Bungakan Kembali
Beli vinca ‘jadi’, setahun kemudian biasanya tidak bagus lagi. Jangan buru-buru dibuang, bisa kok dibungakan kembali. Caranya?
1.  Ganti media baru.
2.  Pangkas batang atau ranting yang tidak produktif.
3.  Pupuk dengan NPK (kadar N tinggi).
4.  Enam minggu setelah dipangkas, kasih pupuk NPK (kadar P tinggi) plus Ca.
5. Perlakuan diatas bisa diulang 2 kali. Vinca dalam pot bisa 3 kali tampil bagus

10 komentar:

  1. Tulisannya bagus sekali, Sumber pustakanya dari mana min? Saya butuh untuk penelitian, terimakasih :)

    BalasHapus
  2. Vincanya bagus2 bener,belinya dmn ya ,makasih :)

    BalasHapus
  3. Terimakasih informasinya.. tolong kalau ada gambar2 vincanya perjenis..biar lebih lengkap

    BalasHapus
  4. Terimakasih informasinya.. tolong kalau ada gambar2 vincanya perjenis..biar lebih lengkap

    BalasHapus
  5. Terimakasih informasinya.. biar lebih lengkap tolong kalau ada gambar2 vincanya perjenis..tangkyu

    BalasHapus
  6. Bagus , sanfat membantu, mksh..

    BalasHapus
  7. Ini Klo mau beli bibitnya tapak dara yg warna merah gimana caranya...?

    BalasHapus
  8. Aku mau beli vinka yg adh tumbuh ,di mana ya ? Vinka gantung aku tinggal srdikit2 bungax ,trus kecil2 mohon etunjuk

    BalasHapus